Senin, 02 Januari 2017

Faedah Narasi Anak Tentang Cerita Anak

Faedah Narasi Anak Tentang Cerita Anak



Manfaat narasi untuk anak-anak terkait erat dengan faedah satu narasi untuk anak-anak. Dengan adanya banyak membaca narasi anak-anak, seseorang anak bakal peroleh kematangan emosi, intelektual, serta pengalaman-pengalaman mengenai kehidupan. Narasi anak bisa menanamkan rasa sensitif dalam batinnya untuk dapat membedakan mana yang baik serta mana yang jelek, bisa menanamkan kesadaran mengenai kebenaran serta keadilan, keberanian, kejujuran, kesetiaan, pengorbanan, serta kehormatan. Narasi anak-anak bisa buka mata hati anak lebih jauh ke depan untuk lihat maksud serta inti hidup yang sesungguhnya. Nilai mendidik dapat mendidik anak bakal rasa cinta tanah air serta bangsa, cinta seni, profesi, serta rasa tanggung jawab yang tinggi. Selanjutnya narasi anak-anak bakal menolong anak dalam memecahkan masalahnya sendiri. HJ Yusi Rosdiana., dkk., (2013 : 6. 7) 

Terkecuali faedah diatas, faedah yang lain dari narasi anak adalah 
1. Mengasah daya fikir, kreativitas serta imajinatif 
Anak bisa membuat visualisasi sendiri lewat narasi yang dia dengarkan. Lama kelamaan bakal memancing daya kreativitas mereka seperti mengungkap isi hati serta fikiran dengan kalimat lisan ataupun tulisan serta dia bakal mempunyai banyak kosa kata. 
2. Media untuk menanamkan nilai serta etika 
Beragam nilai kejujuran serta rendah hati usaha keras sampai empati serta rutinitas keseharian bisa dengan gampang diserap lewat narasi. Di dalam narasi tak memerintah maupun menggurui namun demikian sebaliknya di dalam tokoh narasi diinginkan jadi teladan untuk anak. 
3. Sebagai langkah awal untuk menumbuhkan ketertarikan baca anak 
Sesudah tertarik membaca buku yang kerap mereka baca jadi mereka bakal meluaskan bacaannya pada buku-buku pelajaran. 
4. Meningkatkan kecerdasan emosi serta spiritual 
Kecerdasan emosi yaitu kekuatan anak untuk menanggapi kondisi, baik desakan ataupun tingkah laku dari luar, seperti bagaimana terima kekalahan dengan baik atau apa yang perlu dikerjakan saat jengkel atau geram. 
A. Latar Belakang 
Di Indonesia tumbuh beragam narasi rakyat daerah dengan corak serta budaya yang berlainan. Narasi rakyat itu ada yang berbentuk narasi binatang (fabel), asal usul satu tempat (legenda), serta narasi mengenai makhluk halus (mite). 

Narasi rakyat yaitu narasi yang berkembang di satu daerah serta dikira sebagai karya kolektif (punya berbarengan) orang-orang daerah itu. Tentu kita perna mendengar narasi Malin Kundang, Si Pahit Lidah, Roro Jonggrang, Jaka Tarub, semuanya narasi itu termasuk juga dalam narasi rakyat. 

Banyak faedah yang kita bakal peroleh dengan dengarkan narasi rakyat. Satu diantaranya, kita bakal peroleh pengalaman bernilai dari narasi itu, lewat peristiwa-peristiwayang dihadapi tokoh-tokohnya. Didalam narasi rakyat terdapat pesan moral yang bermanfaat untuk pembacanya. Pesan (amanat) dalam narasi terkadang disibakkan dengan cara segera, namun terkadang disibakkan otomatis lewat perilaku tokoh-tokohnya. 

B. Maksud penulisan 
1. Menerangkan pengertian narasi rakyat. 
2. Menerangkan unsur-unsur apa sajakah yang ada di narasi rakyat. 

C. Rumusan masalah 
1. Apa pengertian dari narasi rakyat? 
2. Unsur apa sajakah yang ada dalam narasi rakyat? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar